7 Tips Rahasia Mendidik Anak

 7 Tips Rahasia Mendidik Anak


  1. Jika melihat anakmu menangis, jangan buang waktu untuk mendiamkannya. Coba tunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya, ia akan terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis adalah menunduk.
  2. Jika ingin anak-anakmu berhenti bermain, jangan berkata : "Ayo, sudah mainnya, stop sekarang!". Tapi katakan kepada mereka : "Mainnya 5 menit lagi yaa". Kemudian ingatkan lagi : "Dua menit lagi yaaa!". Kemudian barulah katakan :"ayo, waktu bermain sudah habis". Mereka akan berhenti bermain.
  3. Katakan kepada anak-anak menjelang tidur ;"Ayo tidur sayang, besok pagi kan kita sholat subuh", maka perhatian mereka akan selalu ke akhirat. Jangan berkata: "Ayo tidur, besok kan sekolah", akhirnya mereka tidak sholat subuh karena perhatiannya adalah dunia.
  4. Nikmati masa kecil anak-anakmu, karena waktu akan berlalu sangat cepat. Kepolosan mereka dan kekanak-kanakan mereka tidak akan lama, ia akan menjadi kenangan. 
  5. Bermainlah bersama mereka, tertawalah bersama mereka, bercandalah bersama mereka. Jadilah anak kecil saat bersama mereka, ajarkan mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.
  6. Tinggalkan HP sesaat kalau bisa. Jika ada temen yang menelpon, katakan: "Maaf ya, saat ini aku sedang sibuk mendampingi anak-anak". Semua ini tidak akan menyebabkan jatuhnya wibawamu atau hilangnya kepribadianmu. Orang yang bijaksana tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu.
  7. Selain itu, jangan lupa berdoa dan bermohon kepada Allah, agar anak-anak kita menjadi perhiasan yang menyenangkan baik di dunia maupun di akhirat. Diantara doa yang sering kita panjatkan yaitu : "Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrotaa'yun waj 'alna lil muttaqiina imama", (Wahai Rab kami, karuniakanlah kepada kami dan keturunan kami serta istri-istri kami penyejuk mata kami. Jadikanlah pula kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa) QS Al Furqon : 74.
Semoga bermanfaat buat sobat semua khususnya saya pribadi.

1 Response to "7 Tips Rahasia Mendidik Anak"