Cara Screenshot Layar Komputer

Assalamu'alaikum
Sobat semua ingin mengambil gambar dari layar komputer/laptop tapi belum tahu caranya?
Berikut saya bagikan beberapa cara yang saya ketahui yang sobat semua bisa praktekkan.

A. Cara yang pertama yang paling umum dilakukan yaitu dengan tombol CTRL dan PrtScr SysyRq
     Caranya yaitu :
  1. Tampilkanlah gambar yang ingin Sobat ambil gambarnya pada layar komputer.
  2. Lalu tekan CTRL dan tombol PrtScr SysRq secara bersamaan pada keyboard komputer Sobat.
    screenshot komputer, tombol screenshot
    Letak tombol CTRL dan PrtScrSysRq
  3. Jika sudah lalu bukalah program Paint. Klik Start Windows > All Programs > Accessories > Paint.
  4. Setelah terbuka kemudian langsung "paste" atau menekan Ctrl+V secara bersamaan.
  5. Anda bisa ubah sesuaikan dengan menggunakan fasilitas pada toolbar Paint dan jika sudah selesai simpanlah dengan mengklik ikon disket untuk men-save gambar tersebut dalam bentuk yang Anda inginkan, seperti JPEG atau PNG. Selesai. 
B.  Dengan Snipping Tool 
  1. Tampilkan gambar layar komputer yang ingin diambil
  2. Buka aplikasi Snipping Tool dengan cara klik Start Menu > Search > ketik Snipping Tool, maka akan muncul gambar 
    gambar snipping tool, snipping tool
    Snipping Tool
  3.  Klik New lalu pilih Full-Screen Snip/Window Snip bila sobat ingin mengambil satu layar penuh atau pilih Rectangular Snip/Free-form snip bila sobat ingin mengambil sebagian saja, akan muncul tanda + kemudian sobat drag gambar yang ingin sobat ambil
  4. Selesai drag otomatis akan muncul layar snipping tool untuk menyimpan, tinggal sobat pilih mau disimpan dimana dan bentuknya apa JPEG, HTML, PNG atau GIF
  5. Simpan.
C. Dengan sofware Lighshot
  1. Sobat harus download dan instal dahulu software Lighshot.
  2. Setelah terinstal, maka Sobat cukup menekan tombol Prt Scr SysRq untuk masuk ke mode pengambilan layar.
  3. Layar akan menjadi hitam transparan, lalu Sobat cukup mengklik dan tahan mouse sebelah kiri kemudian drag pada daerah yang ingin diambil.
  4. Simpan dengan mengklik tanda disket.
Demikian beberapa cara yang bisa Sobat lakukan untuk Screenshot layar komputer, semoga bisa berguna.

Wassalam.

2 Responses to "Cara Screenshot Layar Komputer"

  1. PERTAMA SAYA INGIN MENYAPA SEMUA PENGUNJUNG SITUS INI DENGAN KATA ASSALAMU ALAIKUM WR WB, SALAM KEPADA SEMUA SAUDARA2,MAAF SEBELUMNYA MAKSUD DAN TUJUAN SAYA HANYA INGIN BERCERITA SEDIKIT TENTANG PENGALAMAN SAYA BERSAMA KELUARGA BESAR SAYA,INI BUKAN REKAYASA ATAU PUN CERITA KARNA INI BENER BENER TERBUKTI SAMA SAYA.

    Perkenalkan saya MBAK FITRI SULISTIAWATI saya sangat berterimah kasih banyak kepada AKI atas bantuanya angka ghoib yang aki berikan kepada yaitu (9135) benar-benar tembus 100%, mohon maaf AKI ini pengalaman saya…waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka jitu…dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar mampus dalam hati kecil saya….dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk ,hingga akhirnya saya di kasih info kepada teman saya untuk menjadi member AKI MUPENG,dan ternyata angka ritual ghoib yang AKI kirim kepada saya ternyata jitu..akhirnya terbayar hutang saya ini dan akhirnya saya Membeli 1 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalaman saya…bagi anda yang mau mencoba angka ghoib dari AKI MUPENG silahkan hub/sms di nomor (''0852-9445-0976''),atau KLIK DISINI ngak usah ragu-ragu…karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI MUPENG.
    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUNKAN DI INTERNET…

    Angka Ritual Gaib Singapura KLIK DISINI

    Angka Ritual Gaib Hongkong KLIK DISINI

    Angka Ritual Gaib Malyaisia KLIK DISINI

    Angka Ritual Gaib Sidney KLIK DISINI

    Angka Ritual gaib China KLIK DISINI


    BalasHapus
  2. sangat berguna dan bermanfaat sekali kak infonya

    potato starch

    BalasHapus